Ngopi Basamo Kanti

Jantungku berdegup kencang. Selesai salat isya, aku menarik selimut – menutup ujung kepala hingga ujung kaki, menahan napas rapat-rapat. Pikiranku memutar rekaman kejadian sore. Sore itu aku ngopi basamo kanti-kanti di Kedai Kopi. Aku membaca daftar menu yang tertera di meja – ada espresso, double espresso, americano, cappuccino, latte, flat white, dan mocha. Aku memilih cappucino, Argi memilih mocha, dan Fahmi memilih americano. Setelah mencatat daftar menu yang dipesan, aku memanggil waitress. 

“Mas”

“Ya, ada yang bisa dibantu?”

“Ini menu pesanan kami.” Sambil menyerahkan lembaran yang berisi daftar menu ke waitress. 

Sambil menunggu pesanan datang aku memulai obrolan dengan topik peluang karier. Mumpung ketemu teman sepermainan semasa kuliah dahulu. Setelah lulus 2 tahun yang lalu aku dan kanti-kanti tidak pernah bertemu. Baru ketemu lagi sore itu yang disebabkan oleh kesibukan masing-masing.

“Jok, gimano lokak kini?” tanyaku.

“Aku kini ko begawe di industri kreatif jadi layouter,” jawab Argi. 

“Kalo kau Fahmi?” tanyaku lagi kepada Fahmi. 

“Aku ko begawe jadi CPNS Kemenkumham RI. Alhamdulillah, petang sekali cubo langsung goals.” Jawab Fahmi. 

“Mantap, nian. Kanti-kanti aku ini jadi orang hebat galo.” Ucapku. 

“Kalau kau sendiri, kini begawe di mano jok?” tanya Argi. 

“Aku dak begawe jok, terakhir jadi guru cumo setahun abih itu resign kerno gaji kecik, dak cukup buat menutup kebutuhan hidup.” Jawabku. 

“Terus kini kau ngapain?” tanya lagi Argi. 

“Nganggur, jok. Susah kali kini ko nyari gawean.” Jawabku. 

“Oi, Jok, yang susah itu bukan nyari gawean tapi gengsi kerno jebakan gelar. Kau begawe apo baelah, penting dapek gaji daripado kau nganggur kek gini dak berpenghasilan.” Ucap Argi. 

“Betul, itu jok. Begawe apo baelah. Jangan gengsi kerno jebakan gelar.” Sahut Fahmi. 

“Oi jok, aku pamit duluan yo. Mak aku telepon minta antar ke klinik. Ko aku yang traktir yo jok.” Pamit Argi sambil membayar ke kasir. 

Aku bergumam, Astaga kanti-kanti aku semuanyo lah begawe. Sedangkan aku satu lokak pun dak ado yang dapek. Berapo puluhan CV aku sebar, satupun dak katek progres. Ado benarnyo jugo kato mereka, jangan gengsi kerno jebakan gelar. Dahlah mending aku pulang jugo, daripado overthinking di siko. 

“Oi jok Fahmi. Aku jugo pamit yo.” Ucapku. 

“Yahhh, pamit sikok, pamit galo. Yasudahlah, aku jugo ikut pamit.” Jawab Fahmi.

Langkahku ke arah rumah dengan waktu tempuh memakan sekitar lima belas menit. Aku berhenti di tengah jalan, lalu membaca info loker yang tertera di tiang listrik.

Dibutuhkan! Sales Representatif Area bagi yang berminat, kirimkan lamaran ke alamat Jalan Lintas Sumatera Bukit Tigo, Singkut, Sarolangun.

Keesokan harinya, aku mengirimkan berkas lamaran ke alamat tersebut. Setelah menunggu 1-3 hari, aku menerima undangan mengikuti tes dan seleksi wawancara dengan busana kemeja putih dan celana dasar hitam. Sepuluh menit sebelum jadwal yang telah ditentukan aku sudah sampai lokasi. Suasananya sepi, tanpa seorangpun yang datang di lokasi kecuali hanya diriku.

Jam empat lewat tiga puluh menit ibu membangunkanku yang terhanyut dalam mimpi.

“Nak, bangun salat subuh.”

Aku mengucek mata, menguap, dan mengecek jam ponsel.

“Astaghfirullah, hanya mimpi.”

Bagikan tulisan ini

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *